Beranda » Blog » Perbedaan WiFi 2.4 GHz dan 5 GHz Pada Jaringan Wifi

Perbedaan WiFi 2.4 GHz dan 5 GHz Pada Jaringan Wifi

Diposting pada 15 July 2023 oleh Admin / Dilihat: 112 kali

Perbedaan utama antara WiFi 2,4 GHz dan 5 GHz terletak pada frekuensi operasional, jangkauan, kecepatan, kepadatan jaringan, dan kompatibilitas perangkat. Dalam frekuensi 2.4 GHz dan 5GHz banyak orang yang sering mengaitkan dengan WIFI internet, keduanya itu dinamakan band atau pita jaringan.

Padahal keduanya memiliki perbedaan, yang berpengaruh terhadap kualitas jaringan. Secara historis, teknologi koneksi nirkabel atau WiFi sudah berusia lebih tua. Tidak heran apabila sekarang ini jaringan 2.4 GHz sebagai standar WiFi yang dipakai konsumen semakin padat dan rentan gangguan.

Untuk mengatasinya, penyedia layanan internet pun menawarkan konektivitas 5 GHz atau yang sering disebut dengan dual connection. Masing-masing dari 2.4 GHz dan 5GHz memiliki keuntungan, kelebihan dan kekurangan tersendiri. Mulai dari kecepatan, jarak jangkauan dan lain sebagainya.

Untuk semakin mendalami mengenai WiFi 2,4 GHz dan 5 GHz, berikut terdapat beberapa perbedaan utama antara WiFi 2,4 GHz dan 5GHz

1. Frekuensi Jaringan WiFi

Perbedaan pertama antara WiFi 2,4 GHz dan 5 GHz merujuk pada frekuensi gelombang radio yang digunakan untuk mengirimkan sinyal WiFi. Frekuensi WiFi 2,4 GHz merujuk pada rentang frekuensi gelombang radio yang berkisar antara 2,4 gigahertz (GHz). Rentang ini mencakup frekuensi dari sekitar 2,400 hingga 2,4835 GHz.

Sedangkan frekuensi WiFi 5 GHz merujuk pada rentang frekuensi gelombang radio yang berkisar antara 5,150 hingga 5,825 GHz. Rentang ini mencakup frekuensi yang lebih tinggi daripada WiFi 2,4 GHz.
2. Jangkauan Jaringan WiFi

Perbedaan kedua antara WiFi 2,4 GHz dan 5 GHz dapat dilihat dari jangkauan jaringan WiFi. Pada WiFi 2,4 GHz memiliki jangkauan yang lebih luas daripada WiFi 5 GHz. Pada WiFi 2,4 GHz memiliki jangkauan yang lebih luas dibandingkan dengan WiFi 5 GHz. Sinyal WiFi 2,4 GHz memiliki kemampuan penetrasi yang lebih baik melalui dinding dan objek fisik.

Hal tersebut berarti sinyal WiFi 2,4 GHz dapat menjangkau area yang lebih luas dalam suatu lingkungan, bahkan melalui hambatan fisik seperti dinding. Sedangkan pada WiFi 5 GHz memiliki jangkauan yang lebih terbatas dibandingkan dengan WiFi 2,4 GHz.

Sinyal WiFi 5 GHz memiliki kemampuan penetrasi yang lebih rendah melalui dinding dan objek fisik. Sebagai hasilnya, jangkauan WiFi 5 GHz cenderung lebih pendek, dan performanya bisa lebih terpengaruh oleh hambatan fisik seperti dinding.
3. Kepadatan Jaringan WiFi

Perbedaan antara WiFi 2,4 GHz dan 5 GHz dapat diketahui melalui kepadatan jaringan. Kepadatan jaringan pada WiFi 2,4 GHz bisa lebih tinggi dibandingkan dengan WiFi 5 GHz. Hal ini disebabkan oleh dua faktor utama.

Pertama, frekuensi 2,4 GHz digunakan secara lebih umum dan didukung oleh sebagian besar perangkat WiFi, termasuk perangkat yang lebih lama.
Kedua, WiFi 2,4 GHz memiliki rentang kanal yang lebih terbatas, yaitu 13 kanal yang tumpang tindih. Ini berarti ada keterbatasan dalam jumlah kanal yang tersedia untuk digunakan, sehingga bisa ada lebih banyak jaringan yang berbagi kanal yang sama di sekitar pengguna.

Sedangkan Kepadatan jaringan pada WiFi 5 GHz biasanya lebih rendah dibandingkan dengan WiFi 2,4 GHz. Frekuensi 5 GHz digunakan secara lebih terbatas dan hanya didukung oleh perangkat WiFi yang lebih baru. Selain itu, WiFi 5 GHz memiliki rentang kanal yang lebih lebar, termasuk kanal yang tidak tumpang tindih.

4. Kecepatan Jaringan WiFi

Perbedaan antara WiFi 2,4 GHz dan 5 GHz berikutnya adalah berdasarkan kecepatan jaringan. Pada WiFi 2,4 GHz umumnya memiliki kecepatan transfer data yang lebih rendah dibandingkan dengan WiFi 5 GHz.

Hal ini disebabkan oleh lebar pita yang lebih sempit pada frekuensi 2,4 GHz. WiFi 2,4 GHz menggunakan kanal dengan lebar pita 20 MHz, dan beberapa perangkat mungkin mendukung kanal dengan lebar pita 40 MHz atau 80 MHz, tetapi ini dapat mempengaruhi interferensi dengan kanal lainnya.

Kecepatan transfer data rata-rata pada WiFi 2,4 GHz berkisar antara 150 Mbps hingga 600 Mbps, tergantung pada spesifikasi perangkat dan konfigurasi jaringan. Sementara itu, pada WiFi 5 GHz umumnya menawarkan kecepatan transfer data yang lebih tinggi dibandingkan dengan WiFi 2,4 GHz.

Rentang frekuensi yang lebih tinggi pada WiFi 5 GHz memungkinkan lebar pita yang lebih besar. WiFi 5 GHz menggunakan kanal dengan lebar pita 20 MHz, 40 MHz, 80 MHz, atau 160 MHz, yang memungkinkan transfer data yang lebih cepat. Kecepatan transfer data rata-rata pada WiFi 5 GHz dapat mencapai beberapa ratus Mbps hingga beberapa Gbps.
5. Kompatibilitas Perangkat

Perbedaan terakhir antara WiFi 2,4 GHz dan 5 GHz adalah dalam kompatibilitas perangkat. Pada WiFi 2,4 GHz: WiFi 2,4 GHz memiliki kompatibilitas yang lebih luas dengan berbagai jenis perangkat. Ini karena frekuensi 2,4 GHz telah digunakan secara luas dalam waktu yang lama dan didukung oleh sebagian besar perangkat WiFi yang ada.

Perangkat-perangkat seperti smartphone, tablet, laptop, perangkat IoT, dan perangkat elektronik konsumen umumnya mendukung koneksi ke jaringan WiFi 2,4 GHz. Selain itu, perangkat yang lebih tua atau lebih murah cenderung hanya mendukung WiFi 2,4 GHz.

Sedangkan pada WiFi 5 GHz: WiFi 5 GHz memiliki kompatibilitas yang lebih terbatas dibandingkan dengan WiFi 2,4 GHz. Meskipun semakin banyak perangkat yang mendukung WiFi 5 GHz, masih ada beberapa perangkat yang hanya mendukung WiFi 2,4 GHz atau memiliki dukungan terbatas untuk WiFi 5 GHz.

Secara umum, perangkat-perangkat baru dan perangkat premium lebih cenderung memiliki dukungan untuk WiFi 5 GHz. Misalnya, sebagian besar smartphone, laptop, dan perangkat elektronik terbaru mendukung WiFi 5 GHz.

Namun, perangkat yang lebih lama atau perangkat dengan anggaran terbatas mungkin tidak memiliki kemampuan untuk terhubung ke jaringan WiFi 5 GHz.
Kelebihan dan Kekurangan WiFi 2,4 GHz

Berikut terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan WiFi 2,4 GHz, diantaranya:
Kelebihan WiFi 2,4 GHz

Terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki oleh WiFi 2,4 GHz, berikut diantaranya:

1. Jangkauan yang lebih luas

Sinyal WiFi 2,4 GHz memiliki kemampuan penetrasi yang lebih baik melalui dinding dan objek fisik. Ini memungkinkan sinyal WiFi 2,4 GHz menjangkau area yang lebih luas dalam suatu lingkungan. Frekuensi sinyal WiFi 2,4 GHz dapat menjangkau hingga 36 meter jika berada di dalam ruangan dan 92 meter apabila berada di luar ruangan.

2. Kompatibilitas yang lebih baik

Hampir semua perangkat WiFi modern mendukung koneksi ke jaringan 2,4 GHz. Jadi, Anda tidak perlu khawatir tentang kompatibilitas perangkat ketika menggunakan WiFi 2,4 GHz.

3. Interferensi yang lebih rendah

Karena frekuensi 2,4 GHz lebih umum digunakan, area dengan banyak jaringan WiFi cenderung memiliki interferensi yang lebih tinggi pada frekuensi 5 GHz. Dalam beberapa kasus, ini dapat menghasilkan koneksi yang lebih stabil pada frekuensi 2,4 GHz.
Kekurangan WiFi 2,4 GHz

Terdapat beberapa kekurangan yang dimiliki oleh WiFi 2,4 GHz, berikut diantaranya:

1. Kecepatan transfer data yang lebih rendah

WiFi 2,4 GHz umumnya memiliki kecepatan transfer data yang lebih rendah dibandingkan dengan WiFi 5 GHz. Hal ini disebabkan oleh lebar pita yang lebih sempit pada frekuensi 2,4 GHz.

2. Kemacetan frekuensi yang tinggi

Karena frekuensi 2,4 GHz digunakan secara luas, bisa ada banyak jaringan WiFi dan perangkat lain yang menggunakan frekuensi yang sama di sekitar Anda. Ini dapat menyebabkan kepadatan jaringan yang tinggi dan saling interferensi, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi kinerja dan kecepatan koneksi WiFi pengguna.

3. Rentan terhadap gangguan

Sinyal WiFi 2,4 GHz lebih rentan terhadap interferensi dari perangkat elektronik lain yang menggunakan frekuensi yang sama atau frekuensi terdekat, seperti microwave, telepon nirkabel, atau peralatan Bluetooth. Gangguan semacam ini dapat mengganggu kualitas sinyal dan kecepatan transfer data.

4. Kanal yang terbatas

Rentang frekuensi 2,4 GHz terbatas pada 13 kanal yang tumpang tindih. Jika ada banyak jaringan WiFi di sekitar Anda yang menggunakan kanal yang sama, hal itu dapat mempengaruhi kinerja dan stabilitas koneksi WiFi pengguna.
Kelebihan dan Kekurangan WiFi 5 GHz

Berikut terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan WiFi 5 GHz, diantaranya.
Kelebihan WiFi 5 GHz

Terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki oleh WiFi 5 GHz, berikut diantaranya:

1. Kecepatan transfer data yang lebih tinggi

WiFi 5 GHz umumnya menawarkan kecepatan transfer data yang lebih tinggi dibandingkan dengan WiFi 2,4 GHz. Rentang frekuensi yang lebih tinggi pada WiFi 5 GHz memungkinkan transfer data yang lebih cepat.

2. Kemacetan frekuensi yang lebih rendah

Karena frekuensi 5 GHz digunakan secara lebih terbatas dibandingkan dengan frekuensi 2,4 GHz, Anda akan mengalami lebih sedikit interferensi dan gangguan dari jaringan WiFi lain atau perangkat lain yang menggunakan frekuensi yang sama. Ini dapat menghasilkan koneksi yang lebih stabil dan kecepatan yang lebih konsisten.

3. Kanal yang lebih luas

WiFi 5 GHz menggunakan lebih banyak kanal yang tidak tumpang tindih dibandingkan dengan WiFi 2,4 GHz. Hal ini memberikan lebih banyak pilihan kanal yang dapat digunakan untuk mengurangi interferensi dan meningkatkan kualitas sinyal.
Kekurangan WiFi 5 GHz

Terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki oleh WiFi 5 GHz, berikut diantaranya:

1. Jangkauan yang lebih terbatas

Sinyal WiFi 5 GHz memiliki jangkauan yang lebih pendek daripada sinyal WiFi 2,4 GHz. Sinyal pada frekuensi 5 GHz memiliki kemampuan penetrasi yang lebih rendah melalui dinding dan objek fisik. Oleh karena itu, WiFi 5 GHz cenderung memiliki jangkauan yang lebih terbatas.

2. Kompatibilitas perangkat yang lebih terbatas

Meskipun sebagian besar perangkat WiFi modern mendukung koneksi ke jaringan 5 GHz, perangkat yang lebih lama mungkin tidak memiliki dukungan untuk frekuensi 5 GHz. Jadi, jika Anda memiliki perangkat yang lebih tua, mungkin perlu memastikan bahwa perangkat tersebut kompatibel dengan WiFi 5 GHz sebelum terhubung.

3. Pengaruh interferensi objek fisik

Sinyal WiFi 5 GHz lebih rentan terhadap interferensi dari objek fisik seperti dinding, pintu, dan peralatan rumah tangga lainnya. Ini dapat menyebabkan penurunan kualitas sinyal dan kecepatan transfer data jika ada banyak hambatan di antara perangkat WiFi dan router.

 

Tags: , ,

Bagikan ke

Perbedaan WiFi 2.4 GHz dan 5 GHz Pada Jaringan Wifi

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

Perbedaan WiFi 2.4 GHz dan 5 GHz Pada Jaringan Wifi

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Beli
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: